Setelah AFF, Pelatih Timnas Masih Rahasia

"Nama pelatih yang saat ini masih rahasia tersebut dikabarkan akan melatih timnas senior, U-23, U-19 maupun U-16"
Sesi Latihan Timnas Indonesia (Net)

KLIKPOSITIF -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia hingga kini belum membuka informasi siapa yang akan melatih Tim Nasional Indonesia selanjutnya, setelah iven Asian Football Federation (AFF) Suzuki Cup 2016 lalu.

Nama pelatih yang saat ini masih rahasia tersebut dikabarkan akan melatih timnas senior, U-23, U-19 maupun U-16. Penentuan nama pelatih tersebut rencananya akan dilakukan pada rapat Komite Eksekutif (Exco) di Kantor PSSI, Jakarta.

"Hari Minggu ini kita usahakan nama-nama itu sudah ada," kata Sekretaris Jenderal PSSI Ade Wellington.

PSSI rencanannya akan menggelar kongres di Bandung pada Minggu 9 Januari nanti. Penentuan nama pelatih adalah salah satu agenda utama yang akan dibahas dalam kegiatan itu.

Seiring dengan itu, beberapa nama telah mengapung, salah satunya adalah Alfred Riedl, Wolfgang Pikal, Robert Rene Alberts dan sejumlah nama pelatih asing lainnya. Tidak hanya itu, nama pelatih lokal juga muncul seperti Indra Sjafri, Rudy Eka Priyambada hingga Rahmad Darmawan.

Pelatih baru itu nanti akan mempersiapkan timnas untuk berlaga di Sea Games yang di akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia tahun 2017 ini.

Berpeluang Dilatih Oleh Asing

Kendati masih dirahasiakan, timnas Indonesia berpeluang untuk kembali dilatih oleh pelatih asing, mengingat 6 dari 10 nama yang muncul untuk menggantikan Alfred Riedl diantaranya adalah WNA, empat lainnya merupakan pelatih asal Indonesia.

Hal tersebut tidak ditampik oleh oleh Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono. Ia menyebutkan, pelatih asing bakal mengendalikan timnas senior dan U-23.

"Soal siapa yang mengisi posisi itu, biar nanti ketua yang menyampaikannya," ungkap Djoko.(*)