Cari Investor, Gubernur Sumbar Bertandang ke Norwegia

"Gubernur melakukan kunjungan kerja ke Norwegia selama 10 hari"
Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar jemput bola cari investor ke Norwegia. Kunjungan kerja selama 10 hari tersebut, menurut jadwal akan membicarakan banyak hal terkait investasi yang akan dikembangkan di Sumbar.

“Saya akan berangkat ke Norwegia. Kunjungan kerja ini untuk membicarakan berbagai investasi untuk Sumbar. Diantaranya di bidang energi terbarukan, bidang pendidikan karakter, dan pendidikan perikanan,” sebut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno usai melakukan pengukuhan Ali Asmar sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, di Auditorium Gubernuran, sebelum berangkat ke Norwegia, Rabu 11 Januari 2017.

Ia mengatakan, yang terpenting dari kunjungan kerja ke Norwegia adalah membicarakan kerjasama di bidang pengelolaan kehutanan, dimana Sumbar akan mendapatkan bantuan miliaran Rupiah.

“Sekarang kita jemput bola untuk investasi yang dapat dikembangkan di Sumbar. Khusus untuk investasi di bidang kehutanan tersebut, direncanakan akan ada 500 ribu hektare hutan di Sumbar yang  akan dijadikan hutan nagari atau hutan kemasyarakatan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, 500 hutan di Sumbar yang tersebar diberbagai kabupaten dan kota telah diusulkan ke Kementerian Kehutanan. Sebab saat ini yang mendapatkan keputusan dari kementerian untuk pengelolaan hutan menjadi hutan nagari atau hutan masyarakat baru 120 ribu hektare.

“Kita juga bawa tim tari dan tim masak, sebab akan ada kegiatan promosi budaya di Norwegia tersebut. Kita juga bawa dinas kehutanan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ,” pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]