Hampir Pertengahan Bulan, ASN di Pemko Pekanbaru Belum Juga Gajian

"Biasanya, setiap tanggal 1 ASN ini sudah menerima gaji"
Ilustrasi (Net)

PEKANBARU, KLIKPOSITIF -- Terkendala administrasi, Aparatur Negeri Sipil (ASN) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru-Riau hingga Rabu 11 Januari 2017 belum menerima gaji. Biasanya, setiap tanggal 1 ASN ini sudah menerima gaji.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan saat dikonfirmasi mengakui, gaji ASN itu belum dibayarkan karena masih terkendala administrasi.

Ia menyebut, struktur di beberapa OPD baru belum lengkap, khususnya untuk bendahara. Kondisi ini membuat pihak bank enggan mencairkan gaji tersebut karena tidak ada bendara yang menandatangani di OPD baru.

"Itu Harus ada SK walikota. Untuk OPD baru harus membuka rekening baru di bank. Jadi karena masih baru, kita harus siapkan betul seluruh administrasinya. Kita tidak ingin administrasi itu kita langgar," kata Alek di Pekanbaru, Rabu 11 Januari 2017.

Ia meminta ASN tidak risau, karena gaji seluruh ASN tersebut akan segera dibayarkan, meski belum bisa dipastikan waktu pembayarannya. Sebab dalam APBD sudah jelas, untuk gaji dan pembangunan insfrasruktur adalah pos yang diutamakan.

Lanjutnya, Pemko Pekanbaru mengaggarkan Rp21 miliar untuk gaji Aparatur Sipil Negara (ASN). Jumlah itu untuk gaji sekitar 9.000 ASN perbulan.

"Bulan ini menurun anggaranya, terakhir Desember 2016 lalu itu anggaran untuk gaji dan tunjangan jabatan PNS itu sebesar Rp26 milliar, untuk bulan ini turun sekitar Rp5 miliar," kata dia.

Pengurangan anggaran untuk gaji dan tunjangan ASN ini akibat adanya perpindahan guru SMA dan SMK yang diambil alih ke Pemprov Riau.

"Ada pengurangan terutama untuk guru SMA dan SMK yang pindah ke Pemprov Riau," imbuhnya.

[Syafri Ario]