Hingga 2017 Intel Akan Pecat 12 Ribu Pekerja di Seluruh Dunia

"CEO Intel Brian Krzanich mengatakan pengurangan tenaga kerja dilakukan karena Intel ingin lebih efisien di sektor tenaga kerja"
Intel

KLIKPOSITIF-Perusahaan teknologi komunikasi asal Amerika Intel akan mengurangi 12.000 karyawannya di seluruh dunia. Pemutusan hubugan kerja alias PHK ini akan dilakukan secara bertahap, mulai 2016 hingga pertengahan 2017 mendatang.

CEO Intel Brian Krzanich mengatakan pengurangan tenaga kerja dilakukan karena Intel ingin lebih efisien di sektor tenaga kerja dan lebih fokus mengembangkan bisnis IoT (Internet of Things). Rencananya Intel akan menggelontorkan dana lebih untuk investasi teknologi seperti data center, IoT, memori, dan konektivitas.

"Intel akan mengukuhkan diri sebagai pemimpin dunia terkoneksi," kata Brian.

Jumlah tersebut setara dengan 11 persen dari total pegawai yang dimiliki perusahaan prosesor tersebut. Dia mejelaskan pekerja yang dikenai PHK akan menerima surat 60 hari setelah pengumuman ini dilontarkan Intel via situs resminya.

"Saya yakin kami akan jadi perusahaan yang lebih produktif dengan ekspansi bisnis dan eksekusi yang lebih tajam," katanya.

Soal pendapatan Intel tidak mengalami penurunan. Tahun lalu meningkat 40 persen. Pada kuartal pertama tahun ini, Intel mengantungi pendapatan 13,7 miliar dollar AS atau setara Rp 179 triliun. Pemasukan operasionalnya tercatat 2,6 miliar dollar AS atau Rp 34 triliun. Sementara profitnya 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 26 triliun.