BPJS Kesehatan Luncurkan Program Screening Kesehatan Mobile

"Fitur ini bisa diakses melalui smartphone, sehingga memudahkan masyarakat peserta JKN-KIS untuk melihat potensi resiko kesehatannya"
Acara mobile screening day di Solok. (istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) semakin mudah untuk mendapatkan layanan akses dalam melakukan pengenalan dini terhadap penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, ginjal kronik dan lainnya.

Jika biasanya peserta JKN-KIS hanya bisa melakukan screening riwayat kesehatan secara manual di kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau faskes mitra BPJS Kesehatan, saat ini sudah bisa langsung melalui fitur screening riwayat kesehatan pada program BPJS mobile.

“Fitur ini bisa diakses melalui smartphone, sehingga memudahkan masyarakat peserta JKN-KIS untuk melihat potensi resiko kesehatannya,” ujar Kepala Cabang BPJS Cabang Solok, Ardiansyah.

Untuk dapat mengakses fitur ini, masyarakat dapat mengunduhnya pada aplikasi playstore dan kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data-data yang dibutuhkan. Dalam fitur ini, peserta harus mengisi 47 pertanyaan dari kebiasaan dan aktivitas sehari-hari seperti, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga dan pola makan peserta.

“Kalau semuanya sudah dijawab, maka akan keluar screening riwayat kesehatan saat itu juga,” beber Ardiansyah.

Dari hasil screening, jika resiko penyakit rendah maka secara otomatis akan disarankan menjaga pola hidup. Namun, bila hasilnya sedang hingga tinggi resiko diabetes melitus, maka akan diberi legalisasi atau nomor screeening sekunder untuk diarahkan mengunjungi Faskes tingkat pertama.

“Jadi peserta akan diarahkan ke FKTP tempat terdaftar untuk mendapatkan tindak lanjut dengan melakukan pengecekan gula darah,” tukasnya.

Apabila peserta juga memiliki resiko tinggi tiga penyakit kronis lainnya seperti hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner, maka peserta juga akan disarankan melakukan konsultasi di FKTP di daerahnya untuk mendapatkan screening secara langsung.

Menurutnya, sepanjang ... Baca halaman selanjutnya