DPRD Pasaman Desak Aktivitas Ilegal Logging Dihentikan

"kehadiran investor ilegal logging tersebut di Pasaman tidak jelas dan tidak menguntungkan masyarakat"
Temuan ratusan kubik kayu hasil ilegal logging di Pasaman. (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- DPRD Pasaman meminta pemerintah daerah segera menghentikan aksi penebangan kayu di hutan lindung di Jorong Simamonen Hilia, Nagari Kotorajo, Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman, Sumbar. Sebab, hingga saat ini mereka masih melakukan aktivitas di hutan lindung tersebut.

"Kita minta Kepala Daerah segera menghentikan aktivitas investor di hutan lindung karena itu sudah jelas melanggar hukum. Kalau Pemkab Pasaman tidak mampu atau tidak punya wewenang minta bantuan provinsi dan pemerintah pusat," tegas Ketua Komisi A DPRD Pasaman, M. Mardinal kepada KLIKPOSITIF, Jumat 10 Februari 2017.

Menurut M. Mardinal, kehadiran investor tersebut di Pasaman tidak jelas dan tidak menguntungkan masyarakat. Segera hentikan penebangan liar, apalagi dia mendengar sudah 200 hektar hutan lindung dibabat dan ditemukan kayu ratusan kubik yang ditebang di hutan lindung tersebut.

Dia juga meminta peran aktif dari anggota DPRD Pasaman Dapil V untuk mengawasi aktivitas penebangan liar tersebut karena anggota DPRD Dapil V akan lebih mengatahui. Apalagi, Rao Utara atau Mapattunggul tersebut adalah wilayah pemilihannya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Pasaman, Kohiruddin Simanjuntak akan mempertanyakan kepada Gubernur Sumbar terkait dengan persoalan hutan lindung yang telah dirusak oleh investor. Sebab, kewenangan hutan lindung tersebut saat ini sudah ada pada pemerintah provinsi.

"Besok pagi saya akan menemui bapak Wakil Gubernur mempertanyakan masalah yang kini sudah heboh di Pasaman. Sampai dimana prosesnya, kenapa tidak dihentikan aktivitas di lokasi hutan lindung," tanya mantan wartawan ini.

Juntak juga meminta kepada rekan-rekan media agar tetap mengawal masalah ini hingga tuntas. Dan jangan ada yang melakukan intimidasi terhadap jurnalis, sehingga persoalan dugaan penebangan kayu di kawasan hutan lindung ini bisa tuntas.

"Kita minta wartawan tetap mengawalnya, sehingga bisa terang ... Baca halaman selanjutnya