Pendaki Keluhkan Sampah di Gunung Marapi

"Kata beberapa pendaki, hampir di banyak rute ditemukan sampah berupa botol air mineral maupun sampah plastik"
Pendaki memunguti sampah-sampah yang ada di sepanjang jalur Marapi. (istimewa)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Para pendaki di Gunung Marapi mulai mengeluhkan rute pendakian yang penuh dengan sampah sehingga menimbulkan kesan yang tak mengenakkan. Kata beberapa pendaki, hampir di banyak rute ditemukan sampah berupa botol air mineral maupun sampah plastik.

“Banyak sampah sekarang di gunung ini. Hampir tiap kali saya naik, selalu sama kondisinya,’’ ucap salah satu pendaki yang mengaku sering naik ke Marapi, Elwando Malta, Selasa 21 Februari 2017.

Pria asal Padangpariaman itu menambahkan, kondisi ini sama sekali tak bisa dibiarkan. Jika dibiarkan, katanya, tentu akan merusak lingkungan. "Terutama di Cadas dan Camp Area, banyak sekali sampahnya,’’ dengusnya kesal.

Yang memalukan, kata Elwando, saat dia naik Sabtu 18 Februari 2017 lalu, beberapa bule yang ikut mendaki pun kesal dengan banyaknya sampah. “Mereka ikut memunguti sampah-sampah itu bersama kami,’’ tambahnya.

Sementara, Ketua Kotobaru Rescue Adventure Camp (KRAC) Jofri Andes membenarkan jika banyak sampah bertebaran di Gunung setinggi 2891 mdpl itu. “Benar, banyak sampah. Susah sekali menanganinya. Dari mulai Cadas hingga Taman Edelwise, bisa berton-ton itu," sahutnya.

Untuk itu, dia mengimbau para pendaki untuk menjaga Gunung Marapi dari sampah. “Kita harapkan pendaki bisalah menjaga lingkungan,’’pungkasnya.

[Hatta Rizal]