AFP Sumbar Gelar Pelatihan Wasit dan Pelatih, Berminat?

"tiga pelatihan yang direncanakan diperuntukan untuk wasit, pengawas pertandingan (PP), Inspektur Wasit (IW) dan pelatih."
Tim Futsal PON Sumbar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatra Barat, mulai menyusun program kerja tahun 2017. Empat pelatihan untuk kategori berbeda sudah disiapkan, untuk meningkatkan kualitas pembinaan futsal di daerah ini.

Ketua AFP Sumbar Yasman Yanusar mengatakan, tiga pelatihan yang direncanakan diperuntukan untuk wasit, pengawas pertandingan (PP), Inspektur Wasit (IW) dan pelatih.

Untuk program wasit, PP, dan IW dikatakannya akan digelar serentak dan saat bersamaan. Tanggalnya pun sudah ditetapkan yaitu 20-23 April 2017 bertempat di Rafhely Futsal, By Pass Padang.

Ia pun menghimbau kepada calon peserta yang berminat untuk mengikuti pelatihan ini untuk segara mendaftarkan diri. Sehingga menurutnya yang namanya pelatihan tentunya ada kuota dan pembatasan peserta.

"Khusus untuk peserta wasit, adalah untuk wasit pemula atau level 3 nasional, yang usianya harus antara 18-25 tahun. Sedangkan IW adalah pelatihan untuk wasit-wasit senior," ujarnya

Digelarnya tiga pelatihan tersebut dikarenakan di Sumbar masih sangat kekurangan tenaga perangkat pertandingan. Kemudian untuk pendaftaran wasit, PP, dan IW, pendaftaran bisa dilakukan langsung ke AFP Sumbar dan anggota Exco AFP Sumbar Bidang Perwasitan Hasbi Batubara.

"Karenanya pelatihan ini sangat penting kita adakan, dengan harapan akan semakin kita punya perangkat pertandingan yang berkualitas," kata Ketua AFP Sumbar.

Sementara itu, selain tiga kategori tersebut juga akan digelar kursus pelatih level 1 nasional yang direncanakan pada 27-30 April 2017 di tempat yang sama. Menurut Yasman, setelah menggelar kursus pelatih level 1 Nasional, nantinya juga akan digelar kursus pelatih level 1 AFC.

"Untuk level 1 AFC ini kita akan jemput bola ke FFI. Harapannya tentu saja semakin banyak pelatih Sumbar yang ikut, dan semakin banyak pula pelatih berlisensi AFC yang kita miliki," ujarnya ... Baca halaman selanjutnya