Pemkab Pessel akan Bangun Dermaga Kapal Wisata di Mandeh

"untuk pembangunannya ada anggaran yang dialokasikan senilai Rp1.9 miliar"
Kawasan Wisata Terpadu Mandeh. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) berencana membangun dermaga kapal wisata di sekitar Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh tahun 2017 ini. Kepala Dinas Perhubungan Pessel, Nuzirwan menyebutkan, untuk pembangunannya ada anggaran yang dialokasikan senilai Rp1.9 miliar.

Dikatakannya, dana tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat tahun 2017 ini. "Ini sudah masuk tahap penyelesaian detail engineering design (DED), setelah ini selesai akan segera ditender. Kalau tender selesai Maret, tahun ini pembangunannya bisa rampung," sebut Nuzirwan kepada KLIPOSITIF, Senin 13 Maret 2017.

Dia menjelaskan, keberadaan dermaga tersebut ditargetkan sebagai fasilitas penunjang Kawasan Wisata Mandeh dan juga bisa dimanfaatkan oleh nelayan sebagai tempat persandaran kapal di daerah itu. "Kita berencana, ini akan menjadi penunjang fasilitas Kawasan Mandeh," jelasnya.

Untuk masa pengerjaan pembangunan dermaga ini, lanjutnya, direncanakan bisa selesai selama 6 bulan kerja. "Kita harap tender di Maret ini bisa rampung, jadi bulan September tahun ini sudah bisa digunakan," tutupnya.

[Kiki Julnasri Priatama]