Langka, Gempa Darat Guncang 50 Kota Sumbar

Lokasi gempa
Lokasi gempa (BMKG)

KLIK POSITIF – Gempa darat mengguncang Kabupaten 50 Kota -Sumbar sekitar pukul 16.56 WIB, Jumat 22 April 2016. Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini berkekuatan 4.1 SR yang terjadi di wilayah 21 kilometer barat daya 50 Kota . Gempa ini berlokasi di 0.07 LU-100.34 BT dengan kedalaman 155 kilometer.

Magnitudo yang tergolong kecil dengan pusat gempa yang cukup dalam membuat sebagian besar masyarakat di Kabupaten 50 Kota tidak merasakan guncangan gempa tersebut. Ini dapat dibuktikan dari laporan warga setempat yang mengaku tidak mengetahui jika di wilayah mereka telah terjadi gempa.

Pakar gempa dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar, Ade Edward mengungkapkan, gempa ini tergolong langka, mengingat semenjak Perang Padri, kawasan ini jarang diguncang gempa. Oleh karena itu, data gempa ini menurut Ade Edward sangat penting bagi para ahli.

Baca Juga

“Titik gempa ini sebenarnya lebih dekat ke arah Pasaman. Jadi, sebenarnya yang patut diwaspadai itu adalah Pasaman, bukan 50 Kota , karena tidak ada sejarah gempa merusak di 50 Kota . Sementara di Pasaman, potensi magnitudonya bisa mencapai 7 SR,” ujar Ade Edward.

Ade Edward mengatakan, potensi gempa besar di Pasaman ini bisa sangat merusak, karena sekitar 80 persen masyarakat yang tinggal di kawasan Rao Pasaman hingga Palupuah Agam berada di atas jalur patahan.

“Gempa sore tadi terjadi antara segmen Sumpur dengan segmen Barumun. Segmen Sumpur itu memanjang hingga ke ujung segmen Sianok, yang panjangnya mencapai 60 kilometer dari Rao Pasaman hingga Palupuah Agam,” jelas Ade Edward.

Ade Edward berharap pemerintah bisa melakukan evaluasi tentang mitigasi gempa untuk menghindari banyaknya kerusakan dan korban jiwa jika gempa besar itu terjadi.

Baca Juga

Penulis: Iwan R

Video Terbaru

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com