15.000 Ha Hutan Mangrove di Mentawai Terancam Punah

"ika dihitung, jumlah tanaman Mangrove yang ada di Mentawai sekitar 32.200 Ha yang tersebar di sekitar 70 Pulau dan hampir setengahnya sudah rusak"
Hutan Mangrove di Mentawai (Ocky Anugrah / KLIKPOSITIF )

KLIKPOSITIF -- Ekosistem tanaman mangrove yang hidup di perairan Kepulauan Mentawai mulai rusak. Menurut data yang dimiliki Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Bung Hatta, sekitar 15.000 Ha hutan Mangrove terancam punah.

Seorang pakar ekosistem laut Universitas Bung Hatta Eni Kamal mengatakan, jumlah kerusakan tanaman Mangrove ini mencapai setengah dari jumlah tanaman Mangrove yang tersebar di Mentawai.

"Jika dihitung, jumlah tanaman Mangrove yang ada di Mentawai sekitar 32.200 Ha yang tersebar di sekitar 70 Pulau dan hampir setengahnya sudah rusak," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF pada Jumat, 22 April 2016 siang.

Menurutnya, kerusakan hutan Mangrove di Mentawai ini juga mengancam salah satu tanaman Mangrove langka yakni Avicinnea Alba atau lebih dikenal dengan mangrove api-api. Jenis tersebut merupakan mangrove terlangka di dunia dan hanya bisa ditemukan di Kepulauan Mentawai.

BACA SELENGKAPNYA