Giliran Kambing yang Jadi Korban Harimau di Palembayan Agam

"Warga diimbau meningkatkan kewaspadaan"
Harimau Sumatra (KLIKPOSITIF/Haswandi)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Warga Palembayan Kabupaten Agam-Sumbar semakin resah akibat semakin banyaknya jumlah ternak warga yang mati, yang diduga diserang oleh Harimau Sumatra.

Setelah ternak kerbau, kali ini seekor kambing milik warga di Jorong Palembayan Tangah, Nagari Ampek Koto diserang hingga mati oleh satwa belang tersebut. Kambing naas itu ditemukan mati di kandangnya yang terletak pinggir hutan, menjelang Subuh pada Rabu 15 Maret 2017.

“Dari jejaknya bisa dipastikan itu Harimau Sumatera,” ucap Camat Palembayan Ade Herlien, Rabu 15 Maret 2017.

Kata Ade, kambing tersebut tak sepenuhnya habis dimakan oleh satwa endemik Sumatera tersebut.

“Dia masih menyisakan beberapa bagian,” ulas Ade.

Serangan terhadap ternak ini, merupakan serangan yang ketiga kalinya dalam waktu dekat ini di Palembayan.

Sebelumnya, 21 Februari 2017 di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, dua  ekor kerbau tewas diterkam oleh hewan yang diduga kuat sebagai harimau.

Lalu, Jum’at 3 Maret 2017, serangan berlanjut di Jorong Sipinang, Nagari Sipinang, dimana terjadi serangan terhadap empat ekor kerbau milik warga yang mematikan tiga ekor diantaranya.

“Baru pertama kali kambing menjadi sasarannya. Kami imbau, masyarakat perlu waspada terutama saat malam hari. Jangan pautkan ternak di tepi hutan,” ucapnya.

Sementara, Kepala BKSDA Agam, Syahrial Tanjung, mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pengusiran terhadap harimau yang suka mengincar ternak warga.

“Ya, kami di lokasi melakukan pengusiran dengan menggunakan meriam karbit. Dengan bunyi yang keras, kita harapkan harimau itu masuk jauh ke dalam hutan dan tak kembali ke pinggiran kampung,’’ pungkasnya.

[Hatta Rizal]