Pasaman Raih Penghargaan di Hari Otda 2016

Pasaman raih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugrahadi dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA ke XX)
Pasaman raih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugrahadi dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA ke XX) (KLIKPOSITIF/Man St. Pambangun)

KLIKPOSITIF - Pasaman raih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugrahadi dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA ke XX). Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Alun-alun Kabupaten Pulon Progo, DIY, Senin ‎25 April 2016.

Selain Kabupaten Pasaman, kabupaten/kota lain yang menerima penghargaan ini yakni Kabupaten Pulon Progo DIY, Kota Semarang Jawa Tengah, dan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Penghargaan yang diraih Kabupaten Pasaman ini merupakan satu-satunya daerah yang diluar pulau Jawa. Sementara itu Sekda Pasaman, A. Syafei mengatakan, penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi kepada Pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan pembangunan tiga tahun berturut-turut.

Baca Juga

Syafei mengatakan, penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha berbeda dengan penghargaan lainnya karena penilainnya dilakukan secara menyeluruh, dan tidak terfokus pada satu aspek saja. Penilaian dilakukan oleh banyak kementerian.

Ia juga menambahkan daerah harus konsisten menjadi tiga terbaik untuk provinsi dan 10 terbaik untuk kabupaten/kota selama tiga tahun berturut-turut.

Katanya, penilaian didasarkan pada bagaimana daerah menjalankan 34 urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah yang diserahkan dari pusat ke daerah.

Kriteria penilaian mencakup ratusan item. Pasaman misalnya, mendapat Parasamya Purnakarya Nugraha karena pelayanan publik maju, pelayanan pemerintahan memiliki skor tinggi dan pelibatan masyarakat yang cukup baik.

Penilaian dilakukan dengan menggelar desk evaluation, yakni mencermati informasi dan data dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dengan menggunakan kriteria Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah (Tataran Pengambil Kebijakan dan Tataran Pengambil Kebijakan dan Tataran Pelaksana Kebijakan).

Selain itu, juga mengaplikasikan Common Sense Survey khususnya kepada daerah-daerah yang masuk nominasi berkinerja paling tinggi melalui kunjungan lapangan.

Parasamya Purnakarya Nugraha sebelumnya merupakan penghargaan untuk daerah pada masa Orde Baru dan diberikan lima tahun sekali. Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang dianggap sukses melaksanakan Program Pembangunan secara menyeluruh.

Parasamya Purnakarya Nugraha (yang berarti Anugerah atas pekerjaan yang baik atau sempurna untuk (kepentingan) semua orang, adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada provinsi dan kabupaten/kota yang menunjukkan hasil karya tertinggi pelaksanaan Pembangunan secara menyeluruh dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.

Keberhasilan Kabupaten Pasaman di bidang pembangunan dan pemerintahan tidak luput dari peran serta seluruh satuan kerja, masyarakat dan stakeholder dalam pelaksanaan pembangunan.

Sementara itu, Bupati Yusuf Lubis, menyambut baik atas terpilihnya Pasaman dalam penghargaan ini. "Penilaian ini juga akan benar-benar menjadi sebuah tolak ukur agar pemerintah terus berupaya melakukan inovasi pelayanan bagi masyarakat seiring dengan visi dan misi Pemkab Pasaman dalam mewujudkan masyarakat Pasaman yang sejahtera Agamis dan Berbudaya," tuturnya.

‎[Man St Pambangun]

Video

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Fitria Marlina