SDM Lembaga Legislatif Tentukan Kualitas Demokrasi

"Dalam menjalankan fungsi legislalif, Dewan memerlukan tempat yang memiliki supporting system, apalagi saat ini pengembangan SDM dari legislatif memang sudah tumbuh"
Fahri Hamzah saat meninjau lokasi pembangunan Pusdiklat Setjen Dan Badan Keahlian DPR di Komplek Wisma Griya Sabha Kopo, Puncak, Bogor, Jawa Barat (DPR RI)

KLIPOSITIF -- Wakil Ketua DPR RI Korkesra Fahri Hamzah mengatakan salah satu syarat kualitas demokrasi yang baik adalah baiknya Sumber Daya Manusia (SDM) di lembaga legislatif atau lembaga perwakilan rakyat.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau lokasi pembangunan Pusdiklat Setjen Dan Badan Keahlian DPR di Komplek Wisma Griya Sabha Kopo, Puncak, Bogor, Jawa Barat, mendampingi Ketua DPR RI Setya Novanto.

"Dalam menjalankan fungsi legislalif, Dewan memerlukan tempat yang memiliki supporting system, apalagi saat ini pengembangan SDM dari legislatif memang sudah tumbuh. Kalau dahulu anggota DPR tidak mempunyai staf, karena hal itu dianggap tidak terlalu penting, namun sekarang jumlah stafnya bertambah," jelas Fahri.

Ia menyatakan bahwa jumlah Tenaga Ahli (TA) sebagai political point, saat ini lebih banyak dari pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di lingkungan Setjen Dan Badan Keahlian DPR.

"Oleh karenanya kita memerlukan pusat pelatihan bagi bidang pengembangan SDM lembaga legislatif, yang berguna tidak saja untuk DPR, DPD, dan MPR, tetapi juga untuk lembaga perwakilan di seluruh Indonesia," jelasnya.

Terkait pembangunan Pusdiklat Setjen Dan Badan Keahlian DPR, anggota dewan tersebut berharap pembangunannya dapat berjalan cepat, agar back up untuk sistem pendukung lembaga legislatif semakin hari bisa semakin kuat, dan kualitas demokrasi bisa semakin baik. (*)