DPR Harapkan Pemerintah Ayomi Masyarakat Disabilitas

"Fadli Zon mengharapkan pihak pemerintah dapat mengayomi dan memberikan fasilitas kepada kaum difabel, sehingga ke depan bisa hidup lebih mandiri"
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon saat membuka acara Disabilitas Expo 2017 (DPR RI)

KLIKPOSITIF -- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengharapkan pihak pemerintah dapat mengayomi dan memberikan fasilitas kepada masyarakat difabel, sehingga ke depan bisa hidup lebih mandiri, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Semua yang diamanatkan undang-undang diharapkan dapat dilaksanakan, mengayomi memberikan fasilitas kepada kaum disabilitas untuk dapat lebih mandiri ke depan. Dan juga harus diterima sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rakyat kita," kata Fadli di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (17/4/).

Ia menambahkan, kaum difabel merupakan bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia, yang harus mendapatkan dukungan fasilitas. Dengan dukungan fasilitas publik yang berpihak pada mereka, diharapkan kemandirian tersebut dapat terbangun. Dalam undang-undang tersebut para difabel berhak mendapat fasilitas untuk mempermudah kegiatannya di tempat umum. "Termasuk hal-hal yang bersifat teknis, akses seperti tangga," ujar Fadli.

Hal tersebut disampaikannya dalam pembukaan acara Disabilitas Expo 2017. Acara ini sebagai peringatan satu tahun Undang-Undang Penyandang Disabilitas dengan tajuk 'Berkarya untuk Bangsa'.

Kegiatan ini, kata Fadli, dalam rangka mensosialisasikan Undang-Undang tersebut, juga sebagai dorongan pada pelaksanaan amanat Undang-Undang. Sehingga para penyandang disabilitas bisa lebih jauh mengekspresikan dirinya dari berbagai latar belakang profesi.

"Dari disabilitas expo ini kita bisa menunjukkan, bahwa rekan-rekan para penyandang disabilitas bisa berkreasi sama dengan yang lain. DPR ini adalah rumah rakyat, bisa dipakai kegiatan semua pihak termasuk para difabel," ungkap Fadli.

Fadli berharap kegiatan ini menjadi satu langkah, dan setiap tahun bisa diselenggarakan, sebagai wujud dan komitmen DPR mendukung disabilitas, difabel merupakan bagian tidak terpisahkan dari rakyat Indonesia.

"Dengan ... Baca halaman selanjutnya