Nelayan Garda Terdepan Tangani Bencana di Perairan Indonesia

"Saya memberikan apresiasi terhadap nelayan, sebab mereka garda terdepan dalam menangani bencana atau kecelakaan di perairan Indonesia,"
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Anggota Komisi I DPR RI Supiadin Aries Saputra, mengatakan nelayan-nelayan Indonesia merupakan garda terdepan dalam menangani bencana atau kecelakaan kapal yang terjadi di perairan Indonesia, sebab itu pemerintah perlu memberikan perhatian kepada para mereka.

"Saya memberikan apresiasi terhadap nelayan, sebab mereka garda terdepan dalam menangani bencana atau kecelakaan di perairan Indonesia, sebab itu pemerintah perlu juga memberikan bantuan seperti alat navigasi dan Bendera Merah Putih supaya keberadaannya mudah dipantau," kata Supriadin, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen HPI Kemenlu, Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Deputi IV Koordinasi Pertahanan Negara Kemenkopolhukam pada Selasa, (18/04).

Ia menambahkan, nelayan kita ini dibantulah untuk modernisasi kapalnya. Entah alat navigasinya supaya mereka tidak nyasar kemana-mana dan mudah dipantau.

Politisi Nasdem ini pun mengakui keberadaan nelayan sangat penting ketika membantu terjadinya kecelakaan kapal di perairan Indonesia, bahkan para nelayan kerap lebih tahu terlebih dahulu ketika terjadi sesuatu di perairan Indonesia.

"Ini penting dalam rangka pengamanan. Mereka itu terdepan kalau ada apa-apa. Ada bencana alam, kecelakaan kapal, kadang-kadang mereka lebih tahu dariapda kita. Oleh karena itu mereka perlu dibekali navigasi dan bendera merah putih," tegasnya.

Sehubungan dengan itu, anggota dewan tersebut menjelaskan dengan adanya Bendera Merah Putih yang selalu berkibar saat nelayan Indonesia berlayar, maka keberadaan kapal-kapal Indonesia lebih mudah dipantau sehingga hal ini berkaitan dengan kepentingan pertahanan negara.

"Ini juga berkaitan kepentingan pertahanan negara, tolong nelayan dibantu. Kemanapun mereka berlayar untuk jangan lupa Bendera Merah Putih selalu berkibar di kapalnya. Sehingga kalau ada apa-apa kita bisa tahu ini kapal Indonesia," jelasnya. (*)