Satpol PP Diminta Maksimal Jaga Ketentraman dan Ketertiban di Lokasi Wisata

"Hal ini agar tidak terjadi lagi praktik pemalakan dan perilaku premanisme "
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan apresiasi kepada Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berupa piagam penghargaan penegakan Perda dan penertiban tanpa kekerasan (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

KLIKPOSITIF - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diminta memaksimalkan menjaga ketenteraman dan ketertiban umum di kawasan destinasi wisata.

"Hal ini agar tidak terjadi lagi praktik pemalakan dan perilaku premanisme yang berdampak pada buruknya citra pariwisata daerah," ungkap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 66 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke 54 tahun 2016 di Lapangan Pacuan Kuda Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, Selasa 26 April 2016.

Menurutnya, pengamanan destinasi wisata di Sumatra Barat sangat penting. "Ini harus menjadi perhatian bagi Pemerintah kabupaten/kota sebagai penunjang percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia yakin, perhatian besar kepada sektor pariwisata mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Sehingga dukungan Satpol PP untuk mengamankan destinasi juga sangat diperlukan," tambahnya.

Ia menambahkan, petugas Satpol PP yang di tempatkan di lokasi wisata juga harus memiliki kepribadian yang baik dan mengerti dengan falsafah pelayanan. " Jadi tugasnya bukan hanya sebagai penjaga keamanan pengunjung tetapi juga sebagai pemberi pelayanan," ujarnya.

“Senyum, Sapa dan Salam (3S) diperlukan untuk menunjukkan bahwa Satpol PP adalah pribadi yang ramah. Yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui konsep tersebut," tuturnya.

[Joni]