30 Persen Alat Peringatan Dini Bencana di Padang Rusak

"saat ini memang untuk sirine peringatan dini tsunami yang ada di Kota Padang banyak yang mengalami kerusakan"
Ilustrasi (youtube)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, menyatakan saat ini setidaknya ada sekitar 30 persen alat peringatan dini tsunami berupa sirine yang dipasang diberbagai lokasi daerah itu telah mengalami kerusakan.

Kepala BPBD Kota Padang, Edi Hasymi di Padang, Kamis (20/4) mengatakan, saat ini memang untuk sirine peringatan dini tsunami yang ada di Kota Padang banyak yang mengalami kerusakan, saya perkirakan ada sekitar 30 persen.

"Sirine peringatan dini tsunami yang ada di Kota Padang mulai dipasang pada tahun 2009, dan banyak yang tidak terawasi serta terawat, sehingga mengalami kerusakan, bahkan ada juga yang kerusakannya sudah parah dan tidak bisa diperbaiki," kata Edi.

Ia menambahkan, sirine peringatan dini tsunami yang mengalami kerusakan parah tersebut sekita tujuh unit, dari total sirine yang ada sebanyak 46 unit.

BPBD menjelaskan, untuk mengatasi hal tersebut, pada tahun 2017 sudah mulai melakukan perbaikan pada alat peringatan dini bagi masyarakat setempat, melalui anggaran yang ada di BPBD setelah dimasukan dalam APBD 2017.

Sehubungan dengan itu, dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh pada 26 April, pihak BPBD menjelaskan akan menjadikan HKBN sebagai momentum untuk perbaikan sistem kebencanaan di ibu kota Sumbar.

"HKBN akan dijadikan momentum untuk perbaikan sistem peringatan dini kebencanaan, selain kesiap siagaan dan kecerdasan masyarakat dalam menghadapai bencana," tegasnya.

Selain adanya 30 persen alat peringatan dini tsunami berupa sirine yang mengalami kerusakan di Kota Padang, BPBD juga mengakui sampai sekarang belum memiliki alat sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS) mandiri yang seharusnya dimiliki salah satu daerah rawan bencana alam gempa dan tsunami di jalur megathrust dengan kekuatan gempa yang dapat mencapai 8,9 Skala Richter.

"Hingga saat ini memang BPBD Padang belum memiliki ... Baca halaman selanjutnya