Hari Kartini, Semua Kru Garuda Padang-Jakarta Diiisi Perempuan

"Tidak hanya pramugari, pesawat penerbangan dari Padang menuju Jakarta bahkan juga dipiloti oleh perempuan"
Menteri Yohana Memeluk Pilot Perempuan Garuda Indonesia untuk Penerbangan Padang-Jakarta (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Memperingati hari Kartini, maskapai Garuda Indonesia menempatkan perempuan sebagai kru pesawat, tidak hanya pramugari, pesawat penerbangan dari Padang menuju Jakarta bahkan juga dipiloti oleh perempuan.

Pesawat yang diisi oleh kru perempuan itu yakni GA164 yang berangkat dri Jakarta ke Padang pukul 14:05 WIB dan GA167 yang berangkat dari Padang menuju Jakarta pukul 16.40 WIB.

Khusus penerbangan dari Padang ke Jakarta, pesawat tersebut diterbangkan oleh pilot perempuan pertama Garuda, Ida Fiqriah dan co-pilot Sari Ardisa. Tidak hanya itu, untuk kru pada bagian pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh laki-laki, khusus hari Kartini ini semua dikerjakan oleh kru perempuan.

Salah satunya seperti, Flight Service Manager yang dikomandoi oleh Gloria Saragih, empat Flight Attendant yakni Sutrisma Lebang, Siena Halim, Meilina Priyanka dan Rina Triana.

Selain itu ada pula Dessy Purnama Sari dan Pitta yang bertugas sebagai Engineer Aircraft Release, Kentala Devi sebagai Passenger & Baggage Leader, Anissa Putri sebagai Loadsheeter dan Winda Sitepu sebagai Ramp Dispatcher.

"Ini memang program kami yang disusun khusus untuk hari Kartini, penerbangan hari ini dinamakan dengan Kartini Flight. Program ini adalah salah satu bahwa hingga hari ini perempuan Indonesia sudah bisa memiliki prestasi dan kemampuan yang juga dimiliki oleh laki-laki," kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Garuda Indonesia, Sari Suharso pada KLIKPOSITIF.

Dalam penerbangan dari Padang-Jakarta tersebut juga diikuti oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yambise. Usai melakukan kunjungan ke Sumatera Barat selama beberapa hari, Yohana memilih penerbangan tersebut karena bertepatan dengan hari Kartini.

"Salut buat Garuda Indonesia yang telah mengadakan penerbangan khusus ini, keterlibatan pilot perempuan, awak kabin dan juga petugas ... Baca halaman selanjutnya