Polda Sumbar Tangkap Puluhan Ton Gula Tidak Berlabel SNI

"Sebanyak 30 ton gula pasir itu diamankan "
(http://cdn.jitunews.com/)

KLIKPOSITIF - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumbar tangkap sebanyak 30 Ton gula pasir berkemasan yang tidak berlabel SNI pada Selasa 26 April 2016 malam.

Sebanyak 30 ton gula pasir itu diamankan dari sebuah gudang di KM 22 Jalan Bypass Padang. Dalam penangkapan tersebut petugas berhasil membawa gula dengan merk Berlian Jaya itu untuk dijadikan barang bukti bersama dengan seorang pria berinisial XS (55) yang diduga sebagai pemilik barang.

Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi mengatakan, saat penangkapan gula itu dikemas dalam kemasan berukuran setengah Kilogram dan satu Kilogram. Selain itu di dalam gudang ada pula ribuan karung gula yang belum dikemas.

"Awalnya kami mendapatkan laporan dari masyarakat tentang gula-gula itu, ternyata setelah diselidiki ada puluhan ton gula yang tidak berlogo SNI," katanya pada KLIKPOSITIF, Rabu 27 April 2016.

Menurut Syamsi, gula yang tidak berlisensi standar nasional ini telah beredar ke masyarakat, dan bahkan ada dijual ke sejumlah Supermarket di Kota Padang.

"Personel kami masih melakukan penyelidikan intensif dan mendalam terkait penyebaran gula ini. Kita menduga gula yang ada di Supermarket yang ada ini juga menggunakan gula itu," jelasnya kemudian.

Ia menambahkan, untuk pelaku, dia akan dijerat UU No.7 tahun 2014 tentang perdagangan dan UU No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

[Ocky Anugerah]