KTT ASEAN Ke-30 Bahas Implementasi Visi Komunitas ASEAN 2025

"KTT ASEAN yang ke 30 juga bertepatan dengan peringatan ASEAN yang ke-50 berlangsung di Philippine International Convention Center (PICC), Sabtu (29/4)"
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba Pangkalan Udara Col. Jesus Villamor, Manila (setkab)

KLIKPOSITIF -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba Pangkalan Udara Col. Jesus Villamor, Manila, Republik Filipina, Jumat (28/4) siang, untuk menghadiri pertemuan KTT ASEAN ke 30.

Dilansir dari laman Sekretaris Kabinet, KTT ASEAN yang ke 30 juga bertepatan dengan peringatan ASEAN yang ke-50 berlangsung di Philippine International Convention Center (PICC), Sabtu (29/4). Para pemimpin negara ASEAN juga akan melakukan retreat di Coconut Palace.

Dalam KTT ASEAN yang ke 30 ini pemimpin ASEAN akan membahas mengenai implementasi Visi Komunitas ASEAN 2025. Mereka juga akan bertukar pandangan mengenai isu regional dan internasional.

Para pemimpin juga diagendakan untuk menandatangani Deklarasi ASEAN mengenai Peranan Pelayan Publik sebagai Katalisator dalam Mencapai Visi Komunitas ASEAN 2025.

Selain itu, para pemimpin negara ASEAN juga akan melakukan pertemuan dengan delegasi ASEAN Inter-Parliamentary Assembly dan ASEAN youth.

Dalam rangkaian KTT ini juga diadakan pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysian-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) ke-12 serta pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-10.

Sebelum menghadiri rangkaian KTT ASEAN, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Malacanang dan mengadakan pertemuan dengan Presiden Republik Filipina Rodrigo Roa Duterte, Jumat (28/4).

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (*)