Wah, dengan 1000 Kelurahan di Payakumbuh ini Bisa Jamin Kesehatan Masyarakat

"Program Gebu Payobasung ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Lurah Payobasung Irwan Suwandi untuk kesejahteraan masyarakat. "
Lurah Payobasung Irwan Suwandi (Ade Suhendra/Klikpositif)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kelurahan Payobasung, Kota Payakumbuh usung Gerakan Seribu (Gebu) Payobasung untuk menjadi terbaik di tingkat Sumbar. Setelah menjadi Kelurahan Terbaik di Kota Payakumbuh, Kelurahan Payobasung kini lanjut bertarung di perlombaan Nagari dan Kelurahan Berprestasi tahun 2017 tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Program Gebu Payobasung ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Lurah Payobasung Irwan Suwandi untuk kesejahteraan masyarakat. Melalui uang seribu, masyarakat Payobasung yang rentan ekonomi dalam menjamin kesehatannya dapat terbantu.

Irwan Suwandi mengatakan Kelurahan Payobasung akan menjadi perwakilan Kota Payakumbuh untuk menjadi terbaik diantara enam nagari/desa/kelurahan lainnya di Sumbar. Keenam daerah tersebut adalah Sungai Nyalo IV Koto Mudiek (Pesisir Selatan), Muaro (Sijunjung), Lubuk Jantan (Tanah Datar), Manggopoh (Agam), Purus (Padang), dan Tanah Lapang (Sawahlunto).

"Kelurahan Payobasung sendiri memiliki visi untuk mewujudkan Masyarakat Kelurahan Payobasung yang Sehat, Cerdas, Beriman, dan Bertaqwa Menuju Kelurahan Payobasung yang Mandiri, Maju, dan Sejahtera. Salah satu program unggulan kami saat ini yaitu Gebu Payobasung," ujar Irwan Suwandi.

Gebu Payobasung ini yaitu gerakan menghimpun dana seribu dari masyakarat baik yang ada dikampung atau di rantau yang dilakukan kelurahan. Uang tersebut kemudian disalurkan dengan memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui kartu Jaminan Kesehatan Kelurakan (Jamskeskel).

"Kami bekerjasama dengan BPJS untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat yang rentan ekonomi yang tidak mendapat jaminan kesehatan dari pemerintah. Sehingga dengan demikian masyarakat ini dapat memiliki kartu BPJS mandiri yang tiap bulannya dibayarkan oleh kelurahan," ujar Lurah Payobasung ini saat dihubungi KLIKPOSITIF, Rabu 3 Mei 2017.

Kelurahan Payobasung menurutnya juga ... Baca halaman selanjutnya