Mengintip Kejayaan Rossi di Jerez

"Kemenangan Rossi di Jerez pertama kali dirasakannya pada tahun 1997 lalu"
Valentino Rossi (Movistar Yamaha)

KLIKPOSITIF -- Seri keempat akan digelar pada Minggu 7 Mei mendatang, seri pembuka MotoGp Eropa ini berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol. Sirkuit tersebut merupakan lintasan yang telah memberikan 9 kemenangan terhadap Valentino Rossi sepanjang kelas primer iven balap motor tertinggi dunia tersebut.

Kemenangan Rossi di Jerez pertama kali dirasakannya pada tahun 1997 lalu, saat itu ia masih tampil sebagai pebalap kelas 125 cc, pada tahun itu ia berhasil mengalahkan pebalap asal Jepang, Noboru Ueda.

Gelar juara kedua yang diraihnya di Jerez yakni pada tahun 1999, saat membetot gas di kelqas 250 cc. Kemudian disusul dengan kemenangan pada kelas primer mulai tahun 2001 untuk kelas 500 cc. Pada masa itu ia berhasil mengalahkan salah satu legenda MotoGp Norifumi Abe.

Tropi juara Jerez kemudian disabet The Doctor pada musim 2002, 2003, 2005, 2007, dan 2009. Meski sempat fakir kemenangan, Rossi kembali menaklukkan Sirkuit Jerez musim lalu setelah mengasapi Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Musim lalu Rossi tampil impresif di Sirkuit Jerez. Meraih posisi pole, pebalap 38 tahun itu memimpin balapan sejak lap pertama hingga melewati garis finis. Menariknya, dalam tiga tahun terakhir, pebalap yang meraih pole selalu menang di Sirkuit Jerez.

Namun begitu, peta kemenangan di Jerez ini cukup berimbang, selain Rossi dalam lima tahun terakhir ada empat pebalap lain yang telah merajai Jerez, yakni Casey Stoner, Dani Pedrosa, Marquez, dan Lorenzo.

Meski begitu, perolehan 56 poin akan semakin memacu impresifitas Rossi agar tetap menduduki podium tertinggi di Jerez tersebut.(*)