Kualifikasi Berjalan Buruk, Vinales Mengaku Kesulitan di Sirkuit Jerez

"Ia gagal memanfaatkan grid bagian kiri ban dan tidak bisa memacu kecepatan di tikungan"
Maverick Vinales (Net)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Maverick Vinales mengaku mendapat kesulitan saat menggeber YZF M1 miliknya di sirkuit Jerez, Spanyol. Sehingga dengan itu ia harus puas dengan posisi start ke empat-di belakang Carl Crutchlow.

Selama di Jerez, ia mengatakan tidak bisa optimal sejak sesi latihan bebas karena ia gagal memanfaatkan grid bagian kiri ban dan tidak bisa memacu kecepatan di tikungan.

"Kualifikasi kali ini berjalan sulit. Pada sisi kiri ban kami tak memiliki cengkraman yang kami butuhkan dan kami pun mengalami masalah pada sejumlah tikungan," katanya.

Dikutip dari SkySports, masalah pada ban tersebut membuat Vinales juga kesulitan mengontrol kecepatan motor pabrikan Jepang tersebut.

"Saya hanya bermasalah di tikungan kiri, namun motor masih bisa dipacu di tikungan kanan," tutur mantan pebalap Ecstar Suzuki itu.

Meski begitu ia menyebut masih bisa memanfaatkan sesi pemanasan sebelum race besok (Minggu, 7 Mei 2017) dan mendapatkan hasil yang baik.

"Honda benar-benar memiliki cengkraman yang bagus saat melaju di tikungan kiri dan kami tak memiliki hal itu serta belum tahu mengapa bisa terjadi. Kami masih memiliki sesi pemanasan sebagai langkah terakhir bagi kami untuk memenangkan perlombaan nanti," jelasnya kemudian.

Vinales saat ini berada di posisi kedua klasemen dengan koleksi 50 poin, tertinggal enam angka dari Valentino Rossi yang jadi pemuncak klasemen. Vinales tampil sempurna dengan jadi pemenang di GP Qatar dan GP Argentina, namun kemudian terjatuh di awal lomba GP Amerika Serikat.(*)