28 Toko di Bukittinggi Hangus Terbakar Jumat Dini Hari

"Menurut informasi di lapangan, kebakaran disebabkan arus pendek."
Sejumlah pedagang membersihkan puing-puing kebakaran. (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF — Kebakaran hebat terjadi di Bukittinggi, Jum’at dini hari 12 mei 2017.
Akibatnya, 28 toko di lantai II Pasar Aur Tajungkang dilaporkan hangus terbakar.

Dari informasi yang berhasil dihimpun KLIKPOSITIF, api diketahui pertama kali sekitar pukul 03.30 WIB. Selanjutnya, api membesar dan melahap habis 28 toko tersebut.

Hingga kini, belum diketahui penyebab pasti kebakaran, namun menurut informasi di lapangan, kebakaran disebabkan arus pendek.

‘"Saya melihat saat datang, apinya sudah besar sekali,’’ucap Anton salah seorang pedagang Aur Tajungkang. Kata Anton, besarnya kobakaran api membuat pedagang tak sempat menyelamatkan barang dagangannya.

“Mana sempat, sudah besar apinya,’’ ucapnya. Menurut Anton, pedagang menderita kerugian yang sangat besar. Sebab, kebanyakan pedagang sudah banyak mengisi stok barang berhubung masuk puasa.

Api sepenuhnya dapat dikendalikan sekitar pukul 05.30 WIB setelah 11 unit damkar dari Bukittinggi, Agam, Payakumbuh, Tanah Datar dan Panjang Panjang turun ke lapangan. Saat ini, para pedagang masih berkumpul di lokasi kebakaran untuk mencari barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan.

Dari 28 toko itu, 24 diantaranya merupakan toko aksesoris, 3 lainnya merupakan toko yang menjual tikar. Sementara 1 lagi, dihuni oleh tukang jahit. ‘’Sepertinya tak banyak yang bisa diselamatkan, sudah habis dimakan api,’’ucap kepala BPBD Bukittinggi Mus Mulyadi. 

[Hatta Rizal]