Partai Politik Ini Minta GP Catalunya Tidak Pakai Gadis Payung

"Namun begitu, peraturan tersebut belum resmi"
Ilustrasi (Dapurpacu.com)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Salah satu partai politik di Catalunya, Catalunya Verds (ICV) meminta ke pemerintah daerah Catalunya tidak melibatkan gadis payung saat start MotoGP di daerah tersebut.

Permintaan tersebut disampaikan ke pemerintah Montmelo-tempat diselenggarakannya MotoGP Catalunya. Tidak hanya untuk MotoGP, pelarangan penggunaan gadis payung itu juga berlaku untuk gelaran Formula 1.

Namun begitu, peraturan tersebut belum resmi, partai ICV perlu mendapatkan dukungan dari satu anggota partai lain. Tidak hanya itu, kebijakan tersebut juga harus didukung dengan kesepakatan pemerintah Montmelo.

"Peran gadis payung di balapan GP Katalonia saat ini tidak pas dengan kehidupan abad ke-21, dari sebuah masyarakat yang modern dan egaliter," ujar anggota partai ICV, Jordi Manils, kepada Cadena Ser Catalunya.

Selain GP Catalunya, permintaan pelarangan tersebut juga diajukan oleh partai Ganemos Jerez untuk GP Jerez pekan lalu, namun ternyata upaya itu gagal.

Musim ini ada empat seri MotoGP yang akan digelar di Spanyol. Selain di Jerez dan Katalonia, balapan juga akan berlangsung di Aragon (24 September) dan Valencia (12 November).(*)