Pasa Aua Tajungkang Bukittinggi Terbakar, Ini Harapan Pedagang

"Kebakaran ini berdampak besar bagi pedagang, karena akan memasuki bulan puasa"
Para pedagang mencari sisa-sisa barang yang mungkin bisa dimanfaatkan (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Pasca kebakaran dahsyat di Lantai II Pasar Aur Tajungkang, Bukitinggi-Sumbar yang terjadi pada Jum’at dini hari 12 Mei 2017 membuat para pedagang kehilangan tempat untuk mencari nafkah.

Pantauan KLIKPOSITIF di lokasi kejadian, kebakaran ini sangat berdampak besar. Tak hanya isi toko yang terbakar, tapi atap maupun rolling pintu bangunan toko juga ikut hangus dijilat api.

Akibatnya, para pedagang berharap agar Pemerintah setempat turun tangan mengatasi persoalan ini, sebab Bulan Puasa bakal segera datang.

‘’Bulan Puasa sebentar lagi, saya tak punya rencana akan kemana berdagang,’’ keluh salah seorang pedagang terdampak, Anton.

Ia berharap pemerintah mau merelokasi atau memperbaiki toko-toko yang hancur itu sehingga para pedagang bisa menata hidup mereka kembali.

“Seperti kebakaran beberapa tahun silam, kami dikasih tempat penampungan di bawah," ungkapnya.

Hal senada, juga diungkap pedagang lainnya Bayu. Ia berharap pemerintah tanggap dengan memperhatikan kondisi pedagang yang saat ini tengah merana.

‘’Kami memang butuh tempat penampungan,’’ ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Bukittinggi M Idris mengungkapkan Pemerintah Kota Bukittinggi tak merencanakan akan merelokasi para pedagang yang terdampak kebakaran ini ke tempat lain.

Ia mengatakan, toko yang hangus itu akan segera diperbaiki kembali. “Kita langsung perbaiki atap maupun rollingnya,’’ sebutnya.

Langkah awal, ucapnya, Dinas Pekerjaan Umum akan membersihkan terlebih dahulu lokasi bekas kebakaran.

“Mudah-mudahan beberapa hari kedepan sudah bisa digunakan. Yang jelas sebelum Puasa sudah bisa ditempati," ujarnya.

Baca berita terkait :  Baca halaman selanjutnya