Tak Perlu Repot Antri, Kini Daftar Jadi Anggota BPJS Bisa Lewat Telpon

"biasanya masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dengan mengantri panjang di kantor BPJS kesehatan, namun saat ini cukup dengan menghubungi nomor telepon BPJS."
Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS, Andayani Budi Lestari. (KLIKPOSITIF/Arya Irfanus)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- BPJS Kesehatan, mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dan memberikan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarga sebagai peserta JKN dan KIS. Pendaftaran tersebut dengan mudah dilakukan dengan mekanisme melalui telefon dengan nomor 1500-400.

Menurut Asfurina, Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan Payakumbuh. mengatakan, biasanya masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dengan mengantri panjang di kantor BPJS kesehatan, namun saat ini cukup dengan menghubungi nomor telepon BPJS.

"Pendaftaran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah atau peserta mandiri atau perbaikan data, dapat melalui nomor telepon yang telah disediakan," ucap Asfurina.

Asfurina menjelaskan, yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon antara lain beberapa informasi yang akan ditanyakan petugas Care center seperti nomor KK, Nomor induk Kependudukan atau NAIK, Nomor rekening tabungan,Nomor telepon, Alamat domisili dan alamat email. Setelah syarat tersebut telah disiapkan, calon pendaftar akan di layani agen Care center, dan rekaman telepon juga bakal menjadi bukti pendaftaran.

"Setelah pendaftaran via telepon selesai, nomor virtual Accounting akan di kirim melalui pesan singkat SMS ke nomor calon peserta. Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan membayar iuran pertama yang harus di bayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan," lanjut Asfurina.

Selain melalui telepon, BPJS juga memiliki kanal - kanal pendaftaran peserta antaranya dengan cara mendaftar langsung ke kantor cabang BPJS, Kantor layanan operasional Kabupaten atau Kota, melalui aplikasi New e- DANAU untuk kategori peserta Pekerja penerima upah, pendaftaran online melalui websitenya www.bpjs-kesehatan.go.id dan melalui bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. seperti BNI,BRI dan ... Baca halaman selanjutnya