Pemprov Sumbar Siapkan Tim Khusus Antisipasi Serangan Ransomware

"Keberadaan tim khusus tersebut sudah merupakan tugas pokok OPD itu untuk melakukan upaya mitigasi serangan data"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat menyiapkan tim IT khusus untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu komputer di kantor lembaga pemerintahan menjadi korban serangan virus Ransomware WannaCrypt.

Kepada Dinas Komunikasi dan Informasi Sumbar, Yeflin Luandri mengatakan keberadaan tim khusus tersebut sudah merupakan tugas pokok OPD itu untuk melakukan upaya mitigasi serangan data.

"Kami memang sudah siagakan tim dan upaya mitigasi," katanya pada KLIKPOSITIF.

Selain menyiapkan tim, pihaknya juga memberikan himbauan kepada seluruh lembaga pemerintahan untuk melakukan pencadangan data (back up) kepemerintahan di komputer yang memiliki jaringan internet.

"Hari ini sudah dilakukan pencadangan data besar-besaran di seluruh OPD dan lembaga kepemerintahan lainnya," tutur Yeflin.

Namun begitu, terkait isu serangan virus tersebut, hari ini ia belum menerima laporan gangguan ataupun kerusakan data dari komputer lembaga pelayanan masyarakat.

Baca Juga : Virus Ransomware Serang Beberapa Komputer di PT Semen Padang

"Semoga hari ini semuanya aman, pencadangan data dilakukan dengan baik, karena memang kami belum memiliki alat yang bisa mendeteksi virus itu," pungkasnya kemudian.(*)