Marquez : MotoGP 2017 Belum Bisa Diprediksi

"Persaingan akan kembali berubah di seri Le Mans"
Marc Marquez (motorsport.com)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez mengaku belum bisa memprediksi peta kekuatan MotoGP musim ini mengingat situasi 180 derajat sering terjadi dari seri ke seri sejak awal musim.

Awal musim MotoGP 2017 menghadirkan persaingan sengit di papan atas. Jarak antara Valentino Rossi sang pemimpin klasemen dengan pemilik peringkat keempat, Dani Pedrosa hanya 10 poin. Marquez sendiri ada di peringkat ketiga dengan nilai 58 angka, tertinggal empat poin dari Rossi.

"Musim ini masih sangat panjang. Di Argentina, Yamaha sepertinya tak terkalahkan, namun kemudian yang terjadi di Sirkuit Jerez adalah situasi yang benar-benar berbeda," katanya pada Speedweek.

Namun begitu ia menilai, persaingan akan kembali berubah di seri Le Mans, Perancis mendatang.

Sejak awal musim, menurutnya tim pabrikan Yamaha tampil dominan. Maverick Vinales berhasil jadi juara dan Valentino Rossi selalu finis di podium. Sementara itu, Honda seperti tidak berdaya melawan keperkasaan pabrikan motor berlambang Garpu Tala tersebut.

Hanya saja kata dia, situasi mulai berbalik di GP Amerika Serikat. Marquez dan Dani Pedrosa bisa unjuk gigi tetapi Valentino Rossi sukses memberikan perlawanan dengan menjadi runner-up di akhir balapan.

Dominasi Honda baru benar-benar terlihat di GP Spanyol. Pedrosa dan Marquez tak terkejar di baris depan sedangkan Vinales dan Rossi tak bisa mendapatkan kecepatan maksimal motor dan harus puas finis di luar lima besar.(*)