SBMPTN Online di Sumbar Aman Dari Ransomware

"Sistem ujian online (Computer By System) yang kami lakukan ini merupakan rancangan sedemikian rupa oleh para ahli teknologi informasi"
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dengan sistem online di Sumatera Barat dipastikan aman dan tidak terkendala oleh ancaman Malware Ransomware Jenis WannaCRY.

"Sistem ujian online (Computer By System) yang kami lakukan ini merupakan rancangan sedemikian rupa oleh para ahli teknologi informasi," kata Ketua Panitia SBMPTN 2017, Ganefri, Selasa 16 Mai 2017.

Ia mengatakan bahwa security sistem yang dibuat tersebut juga telah mengantisipasi aplikasi yang bisa membuat sebuah sistem error.

"Hingga saat ini semuanya masih aman dan tidak terkendala, kami juga telah mewanti-wanti agar hal tersebut tidak terjadi," jelasnya.

Ia mengatakan pada ujian SBMPTN kali ini panitia mendata sebanyak 720 orang dari 38 ribu peserta.

"Kalau dilihat dari animo peserta ujian sendiri, hanya dalam waktu dua hari kuota untuk CBS ini sudah penuh," katanya.

Ia mengatakan bahwa pada tahun depan ujian masuk PTN dengan basis online tersebut akan ditingkatkan baik dalam hal keamanan dan kuota.

"Kami berharap kedepannya seluruh ujian SBMPTN sudah melakukan CBS ini dan kami sebagai panitia akan berusaha semaksimal mungkin," tegasnya. [Halbert Caniago]