Lembah Harau Harus Digarap Secara Profesional

"Saya sangat terkesan dan takjub dengan keindahan Lembah Harau."
Lembah Harau (Instagram Henny Susanti Darwin)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari kagum akan potensi Lembah Harau. Namun untuk memberikan dampak positif dan meningkatkan potensi wisata alam ini, Danrem berharap wisata alam Lembah Harau harus digarap secara profesional.

Hal ini disampaikan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari saat bertemu dengan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di Bukittinggi baru-baru ini. Menurutnya, pariwisata merupakan salah satu sektor andalan pemerintah untuk memperoleh devisa dari penghasilan non migas. Terlebih bagi Provinsi Sumatera Barat khususnya Kabupaten Limapuluh Kota yang tidak memiliki tambang Migas.

“Saya sangat terkesan dan takjub dengan keindahan Lembah Harau. Kita berharap Lembah Harau menjadi sektor unggulan dan benar-benar dikelola secara profesional dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan daerah,” ujar Danrem kepada Bupati Irfendi.

Melihat potensi Lembah Harau, Pemkab Limapuluh Kota perlu menetapkan pariwisata ini sebagai salah satu sektor unggulan. Namun, untuk mampu menyedot wisatawan yang lebih banyak lagi, lembah yang memiliki tebing batu cadas terjal tersebut tentu perlu pengembangan fasilitas seperti sejumlah permainan atau kegiatan outbound serta berbagai fasilitas umum lainnya.

"Lembah Harau juga harus memiliki jalur transportasi yang lebih memadai sehingga ketika terjadi lonjakan pengunjung, kawasan ini tidak mengalami macet. Selain itu, objek wisata ini juga diharapkan bisa menyediakan berbagai produk kerajinan masyarakat yang bisa menjadi cenderamata bagi wisatawan," kata Danrem 032/Wirabraja

Menanggapi yang disampaikan Danrem, Bupati Irfendi membenarkan Lembah Harau memang cukup mengundang decak kagum para wisatawan yang datang ke lokasi wisata itu. Irfendi mengakui, untuk menyedot wisatawan yang lebih besar, objek wisata unggulan ... Baca halaman selanjutnya