Puluhan Ribu Mahasiswa Sumbar Disebar ke Pelosok Nagari

"13.000 mahasiswa dari 10 perguruan tinggi negeri dan swasta di provinsi ini untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang akan disebar ke seluruh pelosok Nagari di 17 kabupaten dan kota."
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Melepas Mahasiswa (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, melepas 13.000 mahasiswa dari 10 perguruan tinggi negeri dan swasta di provinsi ini untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang akan disebar ke seluruh pelosok Nagari di 17 kabupaten dan kota.

"Mereka harus bisa bersosialisasi atau berbaur dengan masyatakat, jangan sampai melangga aturan atau nilai-nilai yang sudah ada dalam masyarakat itu sendiri. Pasalnya setiap daerah punya kearifan lokal masing-masing," kata Irwan.

"Masyarakat Minang yang berada di nagari/desa sangat memegang teguh norma adat dan agama. Jangan sampai ada peserta yang melanggar nilai-nilai itu, jangan terlalu memeksakan pendapat kepada masyarakat itu akan jadi persoalan nantinya dilokasi KKN" Ugkapnya.

Menurutnya, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan media menerapkan ilmu teori yang didapat dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan ke desa. “Ilmu yang didapat harus dibagi pada masyarakat untuk memajukan pembangunan nagari,” sebutnya.

Irwan menjelaskan, KKN merupakan salah satu kegiatan perguruan tinggi yang mendukung program pemerintah, yakni membangun Indonesia dari pinggiran. "Selain itu wajib juga menjaga etika dilokasi, sebab berbagai macam golongan manusia akan ditemukan dalam KKN nantinya," katanya.

Sementara itu Rektor Universitas Andalas (Unand) Tafdil Husni, mengatakan KKN yang sebelumnya dihilangkan, diganti dengan magang. Tahun kini mulai menjadi mata kuliah wajib. Untuk itu, mahasiswa harus benar-benar serius menjalaninya.

"Pesan saya, KKN ini dinilai, bukan sekedar "keliling-keliling Nagari" jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumbar, Syafrizal menambahkan 13.000 ribu mahasiswa peserta KKN disebar pada 17 dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, minus Kota Padang Panjang dan Bukittinggi.

Mereka melaksanakan KKN dalam waktu berbeda-beda dengan rentang bulan Juli sampai Agustus. 10 Perguruan tinggi yang ... Baca halaman selanjutnya