Kemenag Seleksi 268 PPIH Tingkat Pusat

"penilaian petugas tidak hanya terkait kompetensi, tapi kesehatan, akhlak, dan kedisiplinan"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Kementerian Agama melalui Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah menyeleksi 268 pendaftar yang ingin menjadi Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tingkat Pusat, Kamis (18/5).

Kasubdit Bimbingan Petugas Haji Khoirizi, mengatakan penilaian petugas tidak hanya terkait kompetensi, tapi kesehatan, akhlak, dan kedisiplinan. "Terpenting komitmen dan keinginan untuk dapat memberikan pembinaan dan pelayanan," kata Khoirizi.

Seleksi PPIH tingkat pusat ini diikuti sebanyak 268 peserta, terdiri dari 83 orang dari unsur Kementerian Agama, 50 orang dari unsur TNI Polri, 32 orang dari unsur instansi terkait, serta 40 orang tim media center.

Khoirizi menyatakan, penambahan jemaah haji tahun 2017 tidak berbanding lurus dengan penambahan jumlah petugas. Karenanya, seleksi ini diharapkan akan dapat menjaring para petugas profesional yang dapat memenuhi harapan semua pihak dan melayani jemaah dengan baik.

Sehubungan dengan seleksi tersebut, Plt Direktur Pembinaan Haji Muhajirin menegaskan, rekrutmen merupakan proses yang harus dilewati calon petugas. Menurutnya, rekrutmen ini bahkan sudah dimulai sejak tingkat kabupaten , provinsi, dan sekarang tingkat pusat.

"Kami berharap, akan terpilih petugas profesional yang mempunyai prinsip melayani jemaah," jelas Muhajirin yang saat ini menjabat sebagai Direktur Haji Khusus dan Umrah.

Muhajirin menambahkan, semua peserta mendapat kesempatan yang sama. Seleksi petugas haji diselenggarakan secara profesional agar hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Peserta yang dinyatakan lulus, harus mengikuti proses pembekalan pada 11 - 24 Juni 2017. (*)

Sumber: Kemenag