Gaji ke 13 PNS Akan Dibayarkan Bulan Juni

"Pada bulan Juli kemudian disusul dengan tunjangan"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Pemerintah Republik Indonesia akan membayarkan gaji ke 13 Pegawai Negeri Sipil bulan Juni mendatang, pembayaran gaji tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2016.

Sekretaris Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Aba Subagja menerangkan untuk tahun ini, pembayaran gaji hanya mengikuti aturan yang telah dibuat tahun lalu.

"Pembayarannya mengikuti aturan yang ada saja, payung hukumnya kan sudah jelas dan alokasi dananyapun sudah ada," katanya.

Ia menyebut, gaji ke 13 itu meliputi gaji, pensiun, atau tunjangan ke-13 bagi PNS, Prajurit, TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan sebagai dimaksud Pasal 2 ayat 1 diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni.

Kemudian, pasal 4 ayat 1 menyebutkan, pemberian gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum ketiga belas sebagaimana dimaksud pada Pasal 3 ayat 3 huruf a dan b dibayarkan pada bulan Juni. Pasal 4 ayat 2 disebutkan tunjangan kinerja ketigabelas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat 3 huruf a dibayarkan pada bulan Juli.

"Pada bulan Juli kemudian disusul dengan tunjangan," tutur Aba kemudian.(*)