Padang Darurat Perbaikan Drainase

"Genangan air yang paling tinggi terjadi di daerah Jundul, yang tingginya satu meter tadi pagi,"
Seorang warga Kota Padang menerobos genangan air dengan perahu karet milik BPBD (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kota Padang Sejak Sabtu malam (20/5) hingga Minggu pagi (21/5) telah mengakibatkan terjadinya genangan air dan banjir di berbagai lokasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menyatakan, ada beberapa titik banjir akibat hujan yang terjadi sejak tadi malam di daerah ini, bahkan genangan air ada yang mencapai satu meter.

"Genangan air yang paling tinggi terjadi di daerah Jundul, yang tingginya satu meter tadi pagi, namun sekarang sudah mulai surut, tidak ada warga yang diungsikan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Nasrul Sugana, pada KLIKPOSITIF, Minggu (21/5).

Ia menambahkan, banjir dan genangan air juga terpantau di Kecamatan Bungus, Arai Pinang, dan beberapa titik lainnya.

Selain akibat curah hujan yang tinggi banjir dan genangan air di Kota Padang juga disebabkan tidak berfungsi dengan baiknya drainase yang ada di daerah ini.

BPBD mengakui saat ini drainase menjadi salah satu kendala saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi di Kota Padang.

"Saat ini pemerintah Kota Padang kan sedang memperbaiki drainase yang ada, sebab permasalahan ini memang harus diatasi," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, BPBD mengimbau masyarakat yang tinggal didaerah yang menjadi langganan banjir untuk meningkatkan kewaspadaan saat musim hujan seperti saat ini. (*)