Jaga Kamtibmas, Polres Bukittinggi Gandeng Wartawan

"Wartawan diharapkan bisa mengemas pemberitaan dengan baik"
Penandatanganan nota kesepahaman oleh Kapolres Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Untuk menjaga dan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Polres Bukittinggi menggandeng para wartawan yang bertugas di wilayah Bukittinggi dan sekitarnya. Kolaborasi polisi dengan wartawan diharapkan bisa mengedukasi masyarakat dalam berbagai bidang ilmu.

“Wartawan juga punya tanggung jawab moral dalam mengedukasi masyarakat di bidang apa saja, mau bidang hukum, politik dan yang lainnya,” ujar Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana dalam acara Pengukuhan Forum Komunikasi Wartawan Peduli Kamtibmas dan Penandatanganan Nota Kesepahaman Wartawan Mitra Polri dengan Polres Bukittinggi yang digelar di Aula Mapolres Bukittinggi, Minggu 21 Mei 2017.

Arly Jembar menyinggung suhu politik dunia yang memanas dan ikut berdampak di Indonesia. Dengan situasi seperti ini, ia berharap kepada wartawan agar bisa mengemas suatu pemberitaan dengan baik, sehingga tidak memicu tafsiran negatif atas pemberitaan tersebut.

“Jadi, ada nilai positif atau edukasi positif yang diberikan kepada masyarakat dalam pemberitaan yang dibuat,” jelasnya.

Kapolres melanjutkan, kerjasama polisi dengan wartawan ini bukan berarti mencampuri urusan masing-masing profesi, karena profesi polisi dan wartawan memiliki aturan tersendiri.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bukittinggi Asrial Gindo menyambut baik program yang dibuat Polres Bukittinggi. Begitu juga dengan Ketua Bukittinggi Pers Club (BPC) Jontra juga menyebut program ini menjadi awal yang baik dalam membina kerjasama wartawan dengan polisi.

[Hatta Rizal]