Ikuti Latihan Tempur PRRC, Irwan Prayitno: Mari Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

"kemitraan antara TNI dan kepala daerah tentu sangat berguna bagi penguatan sistem keamanan"
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berdampingan bersama 22 Gubernur lainnya mengikuti latihan tempur Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di Bukit Tanjung Datuk, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (18/5) hingga Jumat (19/5) (Istimewa)

KLIKPOSITIF -- Sebanyak 23 kepala daerah di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) mengikuti latihan tempur Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di Bukit Tanjung Datuk, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (18/5) hingga Jumat (19/5). Latihan tersebut juga disaksikan langsung oleh Presiden-Republik Indonesia (RI)Joko Widodo.

Dari 23 kepala daerah tersebut, turut serta Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno. Penapilannya tampak sangat berbeda dari biasanya, begitu juga para kepala daerah lainnya.

Para kepala daerah ini tampak gagah dengan memakai baju tentara berwarna cokelat loreng yang terdapat tulisan 'Mitra TNI'.

Mereka juga tampak memakai baret dan tak luput juga untuk menghiasi wajah dengan make-up loreng, ciri khas penyamaran TNI ketika bertempur di medan perang. Tampak rasa antusias dari tiap kepala daerah dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini yang bergabung bersama sejumlah personel TNI.

"Kehadiran kepala daerah ini bukan upaya militerisasi, tetapi untuk membangun pemikiran militer agar semua (Gubernur) menitikberatkan aspek pembangunan," ujar Irwan Prayitno di sela-sela kegiatan.

Ia menambahkan, kemitraan antara TNI dan kepala daerah tentu sangat berguna bagi penguatan sistem keamanan. Terlebih, kepala daerah memiliki program pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

"Untuk itu, kita jalin dan rawat persatuan bangsa. Karena, semua anak bangsa harus mampu saling menghormati dan menghargai satu sama lain, termasuk nilai dan norma yang berlaku di lingkungannya berada. Dimana bumi dipijak, di ... Baca halaman selanjutnya