Ini Alasan CV Tani Makmur Kurangi Isi Garam

"Harga bahan pokok naik, kalau kami menaikkan harga secara tiba-tiba, kami takut masyarakat terkejut dan enggan membeli garam produksi kami"
Disperindag dan SK4 Grebek Gudag Garam (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Pihak CV Tani Makmur mengakui adanya pengurangan isi produk garam yang dijual ke pasaran, disebabkan terjadinya kenaikan modal garam yang dibelinya dari Madura naik dari harga modal sebelumnya.

Baca Juga: http://news.klikpositif.com/baca/14961/disperindag-grebek-gudag-garam-di-padang

"Harga bahan pokok naik, kalau kami menaikkan harga secara tiba-tiba, kami takut masyarakat terkejut dan enggan membeli garam produksi kami," kata pemilik CV Tani Makmur, Lukmanul Hakim.

Ia mengatakan bahwa keputusan untuk mengurangkan isi produknya itu merupakan kesepakatan dengan reseler yang membeli garam kepadanya.

"Awalnya karena plastik untuk membungkus garam yang baru belum selesai dicetak kalau kami tidak memakai plastik itu, tentu kami akan mengalami kerugian," lanjutnya.

Ia mengatakan, jika plastik tersebut dibuang, pihaknya akan mengalami kerugian sebanyak Rp30 juta dan ia tidak ingin hal tersebut terjadi.

Tidak hanya itu, ia mengatakan bahwa pemesanan plastik juga tidak bisa seketika saja saat harga naik. Melainkan harus menunggu selama satu setengah bulan setelah pemesanan.

"Kalau pun kami memakai plastik baru, tidak bisa langsung saja, karena pemesanannya harus menunggu sekitar satu setengah bulan. Tidak mungkin kami tidak produksi selama itu," sambungnya.

Dengan begitu, ia mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti peraturan yang diperintahkan oleh puhak Dinas Perdagangan.

"Ya kalau dinas meminta agar kami mengubah bungkusnya, akan kami ganti. Yang jelas kami akan mengikuti aturan yang ada," jelasnya. [Halbert Caniago]