Suku Anak Dalam Muncul di Kota Bukittinggi, Ini Pengakuannya

"Mereka mengaku berasal dari Jambi"
Suku Anak Dalam saat melintas di kawasan Manggih Bukittinggi, Jumat (26/05/2017) (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Lima orang yang mengaku berasal dari Suku Anak Dalam muncul di Kota Bukittinggi-Sumbar, Jum’at 26 Mei 2017. Dari lima orang itu, dua diantaranya pria dewasa, satu wanita dewasa dan dua balita. Mereka berjalan kaki sambil membawa mangkok kecil untuk meminta sedekah.

Mereka yang tak kenal lelah itu dipimpin oleh seorang yang terlihat paling senior diantara rombongan yang mengaku bernama Mustopa.

Saat melintas di Jalan Soekarno-Hatta kawasan Manggih Bukittinggi sekitar pukul 17.00 WIB, mereka mengaku berasal dari Provinsi Jambi.

‘’Kami berasal Bukit Dua Belas Jambi,’’ sebut Mustopa, pemimpin rombongan yang cukup fasih bahasa Indonesianya.

Kata Mustopa, ia bersama rombongan kecil itu baru sampai dari Padang dan berencana melanjutkan perjalanannya menuju Batusangkar.

Rombongan kecil ini tak menyebutkan apa penyebab ia harus keluar dari rimba tempat mereka bernaung. Namun yang jelas mereka berjalan sambil menggantungkan sebuah papan kecil yang bertuliskan, 'Kami Orang Muaro Bungo Suku Anak Dalam Mohon Kasihani Kami'.

Dari pantauan KLIKPOSITIF, dalam perjalanannya di Bukittinggi, rombongan ini meminta sedekah kepada setiap orang atau toko yang mereka temui sepanjang jalan.

Sementara salah seorang warga Manggih, Tasril mengungkapkan jika kedatangan Suku Anak Dalam ini bukanlah kali pertama kalinya terjadi.

Sebelumnya, sekitar beberapa bulan silam, ia juga melihat Suku Anak Dalam berjalan di sekitar Manggih tersebut. 

“Kalau yang sekarang sedikit, dahulu lebih banyak,’’ ucapnya.

[Hatta Rizal]