Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah di Batang Maek

Ribuan Masyarakat Saksikan Tradisi Potang Balimau
Ribuan Masyarakat Saksikan Tradisi Potang Balimau (Ade Suhendra/Klikpositif)

LIMAPULUHKOTA, KLIKPOSITIF -- Ribuan masyarakat tumpah ruah di Batang Maek, Pangkalan Koto Baru, Jumat 26 Mei 2017 dalam acara Potang Balimau. Potang Balimau ini merupakan salah satu tradisi nenek moyang yang turun temurun dilaksanakan setiap tahun oleh warga Pangkalan sehari jelang memasuki bulan Ramadan.

Acara Potang Balimau ini dimeriahkan dengan berbagai hiburan masyarakat seperti main KIM, tari-tarian, musik tradisi, dan mandi-mandi di sepanjang Batang Maek. Ketua Panitia Potang Balimau Syahrul mengatakan iven tahunan tersebut dalam rangka menjaga tradisi yang sudah turun temurun.

"Tahun ini kita juga dalam rangka mengenang bencana Maret lalu dimana banjir dan longsor melanda daerah kita ini," kata Syahrul.

Baca Juga

Wakil Bupati Ferizal Ridwan yang hadir bersama Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis dan sejumlah Forkopimda Limapuluh Kota mengatakan kegiatan Potang Balimau ini diharapkan berjalan dengan lancar. Hal ini mengingat dihadiri oleh ribuan masarakat yang tidak hanya datang dari Pangkalan tapi juga dari luar daerah.

"Semoga ini menjadi ajang silaturahim bagi warga Pangkalan yang di rantau dengan yang di kampung serta jangan sampai Potang Balimau ini menjadi kegiatan yang tidak bermanfaat," ujar Wabup yang langsung menaiki Mimbau menyusuri Batang Maek.

Untuk juara sampan hias atau yang dikenal dengan Mimbau, dimenangkan oleh Jorong Koto Panjang Bersatu (Kopanbers).

[Ade Suhendra]

Penulis: Rezka Delpiera | Editor: -