Serangan Stroke Ancam Wanita Hamil dengan Gejala Preeklamsia

" satu dari 10 wanita hamil didiagnosis dengan komplikasi umum seperti tekanan darah tinggi, kaki bengkak, pergelangan kaki sakit dan merasa mual yang merupakan gejala preeklampsia."
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Studi yang dilakukan para ahli menyatakan bahwa wanita hamil yang menderita preeklamsia (gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine) enam kali lebih mungkin mengalami stroke dan resikonya lebih besar saat mereka telah melahirkan.

Hasil studi yang diterbitkan The Journal Stroke menjelaskan sekitar satu dari 10 wanita hamil didiagnosis dengan komplikasi umum seperti tekanan darah tinggi, kaki bengkak, pergelangan kaki sakit dan merasa mual yang merupakan gejala preeklampsia.

Seorang Ahli dari New York Presbyterian dan Columbia University Medical Center, Eliza Miller mengatakan, kami menduga bahwa ada suatu kondisi tertentu yang bisa meningkatkan resiko stroke pada wanita hamil dengan preeklampsia, dan peneliti juga mengkajinya secara lebih dalam lagi.

"Stroke bisa sangat membahayakan dan kami juga ingin tahu apakah serangan stroke pada wanita hamil yang menderita preeklampsia secara acak akan mengalami  stroke usai melahirkan," tuturnya.

Para ahli memperingatkan, sekitar dua pertiga dari penderita stroke berkaitan dengan preeklampsia pada wanita hamil terjadi usai mereka melahirkan dan hal
itu harus menjadi perhatian orang di sekitarnya.

Selain itu, ditemukan juga bahwa ada peningkatan resiko stroke selama kehamilan dan setelah kelahiran jika wanita tersebut menderita infeksi saluran kemih, tekanan darah tinggi kronis, pembekuan darah pada saraf ataupun pendarahan.

Untuk menyelidiki risikonya, Dr Miller dan rekan-rekannya memeriksa catatan medis dari 197 wanita yang menderita stroke terkait dengan preeklampsia di tiap rumah sakit di Newyork.

Dan didapatkan hasil bahwa 591 wanita dengan preeklampsia tidak mengalami stroke. Selain itu, Tim riset juga menemukan lebih dari 200 wanita hamil dengan kondisi menderita stroke dari 100.000 kelahiran. Dan lebih dari satu dari 10 orang yang mengalami stroke terkait ... Baca halaman selanjutnya