Pemko Sawahlunto Siapkan Pemandu Wisata Halal dari Penghapal Al-Quran

"Pendidikan tersebut akan dibuka pada Juni nanti"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sekolah unggulan berupa pendidikan bagi Hafis Al-Quran atau orang-orang yang telah menghafal isi kitab suci umat Islam tersebut.

Para penghafal Al-Quran tersebut nantinya akan fasih bahasa Arab dan Inggris dan akan bertugas sebagai pemandu wisata dalam program wisata halal yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar.

"Kami di Sawahlunto juga ambil bagian dengan menyiapkan kader-kader pemandu wisata halal," kata Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf.

Menurut Ali Yusuf, penempatan para penghafal kitab suci tersebut dilakukan agar wisatawan yang dipandu oleh mereka juga bisa mendapatkan nilai-nilai agama dan penataan akhlak sesuai dengan ajaran Islam.

"Pendidikan tersebut akan dibuka pada Juni nanti, jika sudah ada yang hafal 30 Juz sudah bisa langsung diterima kalau sertifikatnya ada," jelasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Batat Nasrul Abit menyambut baik langkah Pemko Sawahlunto tersebut. Menurut mantan Bupati Pesisir Selatan tersebut, Kota Sawaunto punya destinasi wisata bagus, tidak kalah dengan daerah lain di Sumbar.

"Sawahlunto sebesar kuali promosinya sebesar langit. Keseriusan itu kami dukung sepenuhnya. Destinasi wisata mereka juga bagus," ungkapnya.

Terkait sekolah unggulan yang digagas, kata Wagub, Wisata halal sangat membutuhkan pemandu wisata yang fasih bahasa arab dan inggris ditambah dengan akhlak yang baik sesuai dengan tuntunan Al-Quran.

[Joni Abdul Kasir]