Lapuk Dimakan Usia, Pohon Pelindung di Padang Ini Tumbang

"lalu lintas di lokasi tersebut tidak bisa dilalui karena pohon itu melintang di tengah jalan"
Petugas dari Satpol PP dan BPBD melakukan pembersihan pohon tumbang di Jalan Rasuna Said. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebatang pohon pelindung yang ada di Jalan Rasuna Said, Kecamatan Padang Barat tumbang, Minggu 4 Juni 2017 siang. Akibatnya, lalu lintas di lokasi tersebut tidak bisa dilalui karena pohon itu melintang di tengah jalan.

Salah seorang pengendara di lokasi kejadian, Erianto mengatakan, pohon tersebut tiba-tiba saja tumbang setelah terdengar suara yang cukup keras. Pohon itu pun langsung membentang ke jalan dan sempat menganggu lalu lintas di sekitar lokasi.

"Beruntung saya tidak tertimpa pohon karena saat mengetahui kejadian itu saya langsung mengerem motor," katanya. 

 

Sementara, Kepala BPBD Kota Padang, Edi Hasymi menyebut, pohon tumbang itu diakibatkan oleh angin kencang yang datang secara tiba-tiba. Menurutnya, pohon itu tumbang karena sudah tua dan lapuk dimakan usia. 

Mendapat laporan dari masyarakat, personel BPBD langsung menuju lokasi kejadian dan membersihkan material pohon tersebut. Arus kendaraan di jalur itu terpaksa dialihkan sementara. 

"Personel BPBD dibantu tim reaksi cepat Satpol PP Padang sudah melakukan evakuasi terhadap pohon tersebut dengan cara dipotong menggunakan gergaji mesin," tuturnya.

Dia mengimbau, kepada semua pengendara kendaraan bermotor diharapkan meningkatkan kewaspadaannya karena musim yang tidak menentu membuat pohon pelindung yang ada pinggir jalan bisa mengancam.

"Kami dari BPBD meminta kepada pemerintah daerah agar melakukan peremajaan terhadap pohon pelindung yang ada di Kota Padang agar tidak ada korban nantinya," tutup Edi Hasymi. (*)