Mudik Lebaran Tahun Ini Diprediksikan Meningkat

"perkembangan pariwisata di Sumbar menjadi daya tarik tersendiri bagi orang rantau untuk pulang kampung"
ilustrasi mudik (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Biro Kerjasama Rantau Setdaprov Sumbar, Luhur Budianda SY memperkirakan mudik lebaran nanti akan lebih banyak dibanding Lebaran tahun lalu. Perkiraan itu diakuinya memang belum dilengkapi data pasti, perkembangan pariwisata di Sumbar menjadi daya tarik tersendiri bagi orang rantau untuk pulang kampung.

Tradisi mudik ini pun sudah mendarah daging bagi perantau minang. "Data pasti dari tahun ke tahun belum ada, tapi kami yakin faktor pariwisata, budaya mudik mempengaruhi mudik tahun ini," sebutnya saat ditemui KLIKPOSITIF, Senin 5 Juni 2017 di ruang kerjanya.

Menurut Budi, perkembangan pariwisata juga menjadi daya tarik untuk dijadikan lahan investasi oleh perantau yang telah sukses dan punya kantong tebal. Ada puluhan destinasi wisata saat ini menjadi daya tarik investasi seperti Kawasan Wisata Mandeh, Pantai Padang dan masih banyak lagi destinasi tersebar di kabupaten dan kota lain.

Selain itu, besarnya gelombang mudik didasari dari ratusan organisasi perantau minang didalam dan luar negeri yang bersifat kewilayahan dan subtansi keahlian. Di Jakarta saja, kata Budi, terdapat puluhan organisasi besar perantau Minang. "Salah satunya Gebu Minang, Indojalito Peduli Jakarta, IKPS dan masih banyak lagi yang lain," tuturnya.

Katanya, jumlah orang Minang di rantau lebih banyak dibanding di tanah Minang sendiri dan berpotensi meningkatkan gelombang mudik. "Bak pepatah, setinggi-tinggi terbang bangau, pulangnya ke kubangan juga. Apalagi kubangan sekarang sudah mulai bagus dengan wajah pariwisata," ucap Budi.

Pemerintah daerah juga harus siap memberikan servis bagus terhadap urang rantau, apakah itu terkait pelayanan jasa serta tarif layanan. "Jangan ada lagi pakuak ma makuak terhadap perantau. Itu akan memberikan imej buruk saat mereka pulang. Pemerintah daerah harus hadir disitu," jelasnya lagi.

Dia juga berharap kepada perantau yang ikut menyumbang pembangunan di daerah untuk ... Baca halaman selanjutnya