Menpora: Anggaran Asian Games Rp4,5 Triluin Tidak Ada Kendala

"Tahun anggaran 2017 sudah kami cairkan Rp500 miliar. Sesungguhnya tidak ada kendala pencairan, tinggal bagaimana seluruh pihak terkait itu betul-betul melaksanakan semua ketentuan yang berlaku"
logo (net)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi optimistis anggaran penyelenggaraan Asian Games 2018 sebesar Rp4,5 triliun akan tercukupi. Ia menyebutkan, dari total anggaran Rp4,5 triliun itu, sebanyak Rp1,8 triliun dianggarkan pada APBN 2017, Rp1,7 triliun pada 2018, dan sisanya Rp1,7 triliun diharapkan berasal dari sponsor.

“Tahun anggaran 2017 sudah kami cairkan Rp500 miliar. Sesungguhnya tidak ada kendala pencairan, tinggal bagaimana seluruh pihak terkait itu betul-betul melaksanakan semua ketentuan yang berlaku,” kata Imam Nahrawi kepada wartawan usai Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (7/6), seperti dilansir dari laman Sekretaris Kabinet.

Karena itu, Menpora bersyukur, karena sudah ada semacam Sekretariat Bersama, ada BPKP, ada Kementerian Keuangan, INASGOC, Kemenpora sehingga bisa mempercepat semua proses itu.

Menpora tetap optimistis dukungan dari sponsor dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 itu. Ia mengingatkan, karena bicara sponsor mungkin saja rapatnya tahun ini, tapi pencairannya di tahun yang akan datang.

“Semuanya butuh proses. Karenanya kita nanti akan memperkuat BLU (Badan Layanan Umum) untuk menampung dana sponsor sehingga terkelola sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelas Imam.

Yang pasti, lanjut Menpora, Menteri BUMN Rini Soemarno sangat antusias, dan pasti akan ada tindak lanjut kepada seluruh BUMN. “Saya belum dapat progres dari INASGOC ya. Tetapi melihat antusias dari kehadiran beliau-beliau. Saya kira kita sangat optimis,” sambung Menpora.

Mengenai arahan Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas, menurut Menpora Imam Nahrawi, yang pasti bahwa semua anggaran harus dimaksimalkan dengan baik. Termasuk kekurangan anggaran yang dialami INASGOC harus dipenuhi.

“Jadi bisa bersumber dari apa namanya pemanfaatan anggaran yang di Kemenpora maupun dari Kementerian Keuangan,” jelas ... Baca halaman selanjutnya