Bupati dan Wabup Tidak Hadir, LKPJ Kada Pessel Tertunda

"Sidang paripurna ini rencananya akan membahas penyampaian padangan umum fraksi"
Suasana Sidang Paripurna DPRD Pesisir Selatan (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pesisir Selatan terpaksa menunda sidang paripurna Kepala Daerah kabupaten itu karena Bupati dan Wakil Bupati tidak hadir dalam sidang yang diagendakan pada Jumat 9 Juni 2017 siang.

Sidang paripurna ini rencananya akan membahas penyampaian padangan umum fraksi DPRD soal Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban kepala daerah itu sepanjang tahun 2016 lalu.

Ketua DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra mengatakan saat sidang, pihaknya tidak mengetahui alasan ketidakhadiran dua kepala daerah tersebut, lantas dengan demikian peserta sidang sepakat untuk menunda sidang hingga 15 Juni nanti.

"Paripurna ini wajib dihadiri oleh kepala daerah, jika tidak hadir maka mekanisme sidang tidak terpenuhi meski hanya diwakili oleh Sekretaris Daerah," katanya.

Penundaan rapat tersebut dilakukan juga mengacu kepada tatacara rapat dewan dan juga ditegaskan dalam undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

"Jadi keputusan tersebut sudah tepat, karena memang hasil laporan ini harus bisa disepakati oleh semua pihak," pungkas Ketua Fraksi Gerindra, Pardinal.

[Kiki Julnasri Priatama]