Selama Mudik, Ini Titik Macet dan Jalur Alternatif di Sumbar

"Jalur tersebut disedikan untuk mengurai kemacetan pada jalur utama yang dilewati pemudik"
Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Perhubungan menyiapkan beberapa jalur alternatif saat mudik Lebaran 2017. Jalur tersebut disedikan untuk mengurai kemacetan pada jalur utama yang dilewati pemudik.

"Titik kemacetan di Sumbar dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda, yakni berada titik di jalur utara dan selatan," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbar, Amran, Sabtu 10 Juni 2017.

Titik kemacetan jalur utara, kata dia, mulai dari pasar Lubuk Alung, Pasar Sicincin, Objek Wisata Lembah Anai, RM Pak Datuak, Sate Mak Syukur, lanjut ke Pasar Koto Baru, Pasar Padang Luar, Pasar Baso hingga Simpang Piladang.

Sementara, jalur selatan dimulai dari Simpang Gaung Teluk Bayur, sepanjang ruas jalan Tarusan-Painan dan Pasar Kambang.

Menurut Amran, kemacetan yang terjadi disebabkan oleh keberadaan pasar tumpah yang memakan badan jalan sebagai lahan berjualan. Selain itu, tidak tersedianya lokasi parkir di pasar tumpah tersebut ikut menyumbang kemacetan.

Untuk mengurangi kemacetan di jalur utara, pemudik dari Padang menuju Bukittinggi yang ingin menghindari kemacetan di Pasar Lubuk Alung dapat melewati jalur alternatif Simpang Polsek Bandara Internasional Minangkabau (BIM)-Simpang Ketaping-Jembatan Lubuk Alung.

Untuk menghindari kemacetan di Pasar Sicincin, bisa melewati Simpang Mapolsek Bandara Minangkabau-Simpang Ketaping-Pariaman.

Pemudik juga bisa melewati jalur alternatif Sicincin-Malalak untuk menuju Kota Bukittinggi. Agar terhindar dari kemacetan di jalur utama, seperti di kawasan Silaing, Pasar Koto Baru, dan Padang Luar dapat melewati jalur alternatif Sicincin-Malalak.

Untuk kawasan Silaiang, kata Amran, sering dipadati pemudik saat lebaran. Dikarenakan, lokasi tersebut juga banyak terdapat objek wisata seperti air terjun dan pemandian.

Lalu, pemudik juga dapat melewati jalur ... Baca halaman selanjutnya