Berbuka Romantis ala HWK Sumbar

"Makan Bersama Fakir Miskin di Tepi Jalan KHatib Sulaiman"
Ketua Dewan Kebijakan HWK Sumbar, Emma Yohanna memberikan sambutan jelang berbuka di charity shop HWK Sumbar, Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang. (Hijrah Adi Sukrial)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar memiliki cara sendiri untuk berbagi pada bulan Ramadhan. Dari 1-10 Juni 2017, HWK Sumbar menggelar Charity Shop (toko sosial) yang menjual kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran. Pada penutupan Charity Shop, Minggu 10 Juni 2017, HWK Sumbar langsung menggelar buka bersama fakir miskin, majelis taklim dan organisasi masyarakat (ormas) di dekat toko sosial tersebut.

Ketua HKW Sumbar,  Sastri Yunizarti Bakry mengungkapkan, konsep charity shop adalah, pihak HWK membeli pakaian dan menerima sumbangan dari anggota mau pun pihak lainnya berupa pakaian.

Selanjutnya, pakaian tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp 5 ribu-Rp 30 ribu. “Hasil dari penjualan tersebut dipakai untuk membeli sembako, seperti gula, minyak goreng dan sirup, lalu kembali dijual dengan harga murah,” ujar Sastri Bakry.

Ketua Dewan Kebijakan HWK Sumbar, Emma Yohanna mengatakan, suasana buka bersama yang digelar HWK berbeda dengan yang digelar organisasi lainnya. Jika banyak organisasi lain menggelar berbuka di gedung, maka HWK menggelar berbuka fakir miskin di tepi jalan.

“Ini tidak hanya sederhana, namun romantis,” ujar aggota DPD RI asal Sumbar ini.

Pada acara berbuka bersama tersebut, fakir miskin diberi kupon, selanjutnya mendapatkan paket sembako dan barang-barang charity shop.

Sebelum berbuka bersama, para peserta mendapatkan tausyiah dari ustad M Nur Idris, selanjutnya usai berbuka langsung shalat berjamaah dan makan bersama di trotoar jalan Khatib Sulaiman tersebut.

[Hijrah Adi Sukrial]