Jalur di Payakumbuh Siap untuk Menampung Pemudik

"tahun ini para pemudik yang bakal melewati Kota payakumbuh bakal meningkat 5 persen dari tahun sebelumnya"
Jalur batas Kota Payakumbuh (istimewa)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh mengatakan, jalan lintas untuk wilayah Kota Payakumbuh dinyatakan aman pada arus mudik nanti.

"Jalur di dalam Kota Payakumbuh kita nyatakan aman, karena jalanan tidak ada yang berlubang," ucap Ardian, Kadishub Payakumbuh, Senin 12 Juni 2017.

Dia menambahkan, untuk jalur altrernatif, pihaknya akan merapatkan dengan pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Payakumbuh, Selasa besok. Untuk angkutan lebaran, Ardian menyatakan akan melakukan pemeriksaan seluruh angkutan umum, mulai dari kelaikan hingga kesehatan sopir.

"Kita juga bakal memeriksa kelaikan bus, mulai dari KIR, ban mobil, lampu dan seluruh bagian kendaraan serta memeriksa kondisi jalan yang akan dilalui," lanjut Ardian.

Sedangkan untuk sopir, Ardian menyatakan telah berkoordimasi dengan pihak BNNK Payakumbuh untuk melakukan tes urin pada sopir angkutan. "Jika nanti ada sopir yang positif mwnggunakan narkoba, kita bakal minta pihak perusahaan agar mengganti sopir tersebut," kata Ardian.

Ardian menyatakan, tahun ini para pemudik yang bakal melewati Kota payakumbuh bakal meningkat 5 persen dari tahun sebelumnya. Kemungkinan, jalanan di Kota Payakumbuh juga akan dipadati para perantau yang akan pulang pada Lebaran tahun ini.

[Arya Irfanus]